Friday, February 8, 2019

004 - Kitab Taharah Bab Air Hadis 0004/1596 - Volume Air Dua Kolah


7 comments:

  1. عن عبدالله بن عمر قال: قال رسولُ صلى الله عليه وسلم: ((إذا كان الماء قُلَّتينِ لم يحمل الخَبَث))، وفي لفظ: ((لم ينجُسْ))؛ أخرجه الأربعة، وصححه ابن خزيمة، والحاكم، وابن حبان.

    ReplyDelete
  2. Abdullah Ibnu Umar ialah anak Saidina Umar Bin Al-Khattab. Mask Islam sejar kecil lagi. Peperangan pertama disertainya ialah peperangan Khandak. Wafat di Mekah pada tahun 73H
    (عبدالله بن عمر) هو ابن عمر بن الخطاب، أسلم صغيرًا بمكة، وأول مشاهده الخندق، وتوفي بمكة سنة ثلاث وسبعين.

    ReplyDelete
  3. Ukuran 2 Kolah
    (قُلَّتين) تثنية قُلَّة، وهي إناء للعرب كالجرَّة الكبيرة، والمراد قلتان من قِلال هَجَر؛ لأنها هي التي كان يقدر بها رسول الله صلى الله عليه وسلم كثيرًا؛ كما جاء في حديث المعراج، ومقدار القلتين نحو خمسمائة رطل؛ أي: عراقي.
    Kolah ialah sebuah bejana/bekas air orang Arab seperti tempayan besar. Yang dimaksudkan 2 koala ialah ukuran kolah-kolah Hajar krn volume air 2 kola itulah yang diukur dan dihitungkan Oleh Nabi sebagai air yang banyak spt hadis Mikraj. Jadi ukuran 2 Kolah ialah 500 Ritil Baghdadi

    ReplyDelete
  4. Perbahasan Hadis - Ukuran Air Sedikit dan Air Banyak
    البحث:
    يُحدِّد هذا الحديث الماء القليل والكثير، فالقليل ما دون القلتين، والكثير ما كان قلتين من قلال هجر، فإذا كان الماء دون القُلَّتين وخالطته نجاسة، فإنها تضرُّه، أما إذا كان قُلَّتين وأصابته نجاسة، فإنها لا تنجسه؛ لأنه لا يحمِلُها لا يتأثر بها ولا تضره.

    ما يفيد الحديث:
    1- أن الماء القليل تضرُّه النجاسة.
    2- وأن حدَّ القليل ما كان دون القلتين.
    3- وأن الماء الكثير لا تضرُّه النجاسة.
    4- وأن حدَّ الكثير ما كان قُلَّتين.

    ReplyDelete
  5. Ukuran Air 2 Kolah Sesungguhnya datang dari Hadis Nabi Yang Sahih
    2 Qullah Adalah Ketetapan Hadits Nabawi. Ukuran jumlah air 2 qullah sesungguhnya bersumber dari hadits nabawi berikut ini:
    وعَنْ عَبدِ اللهِ بنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رسولُ الله صلى اللهُ عليه وسلم: إِذَا كَانَ المَآءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحمِلِ الخَبَثَ، وفي لَفْظٍ: لَمْ يَنْجُسْ، أَخْرَجَهُ الأَرْبَعَةُ، وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ والحاكمُ وابْنُ حِبَّانَ.
    Dari Abdullah bin Umar ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila jumlah air mencapai 2 qullah, tidak membawa kotoran." Dalam lafadz lainnya,"Tidak membuat najis." (HR Arbaah: Abu Daud, Nasai, Tirmizi dan ibnu Majah). Ibnu Khuzaemah, Al-Hakim dan Ibnu HIbban menshahihkan hadits ini. Sehingga ketentuan air harus berjumlah 2 qullah bukan semata-mata ijtihad para ulama saja, melainkan datang dari ketetapan Rasulullah SAW sendiri lewat haditsnya.

    ReplyDelete
  6. Berapa Volume Air 2 Kolah Ikut Ukuran Semasa?
    Berapakah Ukuran 2 Qullah? Istilah qullah adalah ukuran volume air yang digunakan di masa Rasulullah SAW masih hidup. Bahkan 2 abad sesudahnya, para ulama fiqih di Baghdad dan di Mesir pun sudah tidak lagi menggunakan skala ukuran qullah. Mereka menggunakan ukuran rithl (bukan liter) yang sering diterjemahkan dengan istilah kati. Sayangnya, ukuran rithl ini pun tidak standar, bahkan untuk beberapa negeri Islam sendiri. Satu rithl air buat orang Baghdad ternyata berbeda dengan ukuran satu rithl air buat orang Mesir. Walhasil, ukuran ini agak menyulitkan juga sebenarnya. Dalam banyak kitab fiqih disebutkan bahwa ukuran volume 2 qulah itu adalah 500 rithl Baghdad. Tapi kalau diukur oleh orang Mesir, jumlahnya tidak seperti itu. Orang Mesir mengukur 2 qullah dengan ukuran rithl mereka dan ternyata jumlahnya hanya 446 3/7 Rithl. Lucunya, begitu orang-orang di Syam mengukurnya dengan menggunakan ukuran mereka yang namanya rithl juga, jumlahnya hanya 81 rithl. Namun demikian, mereka semua sepakat volume 2 qullah itu sama, yang menyebabkan berbeda karena volume 1 rithl Baghdad berbeda dengan volume 1 rithl Mesir dan volume 1 rithl Syam. Lalu sebenarnya berapa ukuran volume 2 qullah dalam ukuran standar besaran international di masa sekarang ini? Para ulama kontemporer kemudian mencoba mengukurnya dengan besaran zaman sekarang. Dan ternyata dalam ukuran masa kini kira-kira sejumlah 270 liter. Demikian disebutkan oleh Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu.

    ReplyDelete
  7. Volume 2Qulah
    Dan ternyata dalam ukuran masa kini kira-kira sejumlah 270 liter. Demikian disebutkan oleh Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu.

    ReplyDelete